Pages

Tuesday

Manfaat Buah Semangka




Apa saja manfaat buah semangka? Selain sebagai buah yang menyegarkan untuk di makan di hari yang panas, buah semangka juga bisa menjadi alternatif yang aman untuk pengganti minuman berenergi. Karena semangka kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Para ahli makanan merekomendasikan buah semangka sebagai sumber yang sangat baik untuk sumber vitamin B6, vitamin B1 dan magnesium.


Semangka
Minuman energi yang biasanya mengandung kafein akan membuat tubuh lebih mudah terkena dehidrasi, sedangkan buah Semangka adalah buah yang kaya akan elektrolit natrium dan kalium, buah semangka juga mengandung kuantitas air yang cukup tinggi, sehingga buah semangka dapat dengan mudah menggantikan cairan tubuh kita yang hilang tanpa membuat kita dehidrasi.

Menurut informasi salah satu manfaat buah semangka lainnya adalah dapat mencegah kanker, apa benar? Ini adalah fakta yang mengejutkan bahwa hanya pada buah semangka saja yang mengandung lycopene dengan konsentrasi yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran segar lainnya. Likopen adalah salah satu komponen karotenoid seperti  halnya betakaroten. Tapi diibandingkan dengan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh.

Radikal bebas adalah zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker. Radikal bebas bisa berlangsung tak terkendali karena pola makan yang tak teratur, polusi atau pun pikiran yang negatif. Yang menyebakan kekebalan tubuh akan berangsur menurun. Sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit. Dan pada kulit pun akan tampak kering, suram, dan kendur. Dengan likopen yang terdapat dalam buah semangka ini, radikal bebas bisa di cegah.

Setiap hari makan buah semangka tak menjadi masalah, karena likopen yang ada dalam buah semangka justru dapat menyusutkan risiko kanker seperti kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. pada kanker pencernaan,likopen buah semangka mampu mencegahnya hingga risikonya dapat berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus, dan juga kanker prostat. Hmm.. ternyata banyak juga manfaat buah semangka bagi kesehatan.

Likopen pada buah semangka juga berguna untuk membuat wajah tampak bersih, tampak segar dan lebih muda. Bagi para lansia, buah semangka tidak hanya bisa membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga mampu membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat para lansia.

Berikut Beberapa Manfaat Buah Semangka Lainnya :

  • Buah semangka ini bersifat cepat mengenyangkan, maka bagi anda yang sedang diet, buah semangka adalah buah yang cocok untuk anda konsumsi. Buah berkulit hijau ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air yang berlimpah.
  • Bisa mencegah sariawan
  • Dapat menurunkan demam
  • Buah Semangka juga sangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi
  • bisa menetralisasi tekanan darah.
  • Sangat baik untuk membantu kerja jantung.
  • Membantu sel-sel tubuh tetap sehat karena antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C nya.
  • Untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil, Buah Semangka sangat baik untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras.
  • Buah semangka juga bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria, Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam buah semangka, memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra, tapi sama sekali tanpa efek samping.

Itulah beberapa manfaat buah semangka yang sangat baik bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.


 
Copyright 2010 Buahagia. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase