Pages

Friday

Manfaat Buah Pepaya





Buah-Pepaya
Manfaat buah pepaya untuk kesehatan telah banyak di ketahui orang sejak dulu di antaranya buah pepaya sangat baik untuk kesehatan mata, karena buah pepaya ini kaya akan karoten yang memang baik untuk mata. Pepaya juga di kenal memiliki kadar serat yang tinggi yang bisa mengatasi gangguan pencernaan.

Namun tahukah bahwa bagian-bagian lain dari tumbuhan pepaya juga memiliki manfaat, seperti pada daun dan akarnya. Daun buah pepaya bermanfaat untuk menambah nafsu makan,   caranya daun pepaya segar seukuran telapak tangan, di beri sedikit garam dan air hangat setengah cangkir, lalu di blender dan disaring guna diambil airnya untuk diminum. Sedangkan akar buah pepaya yang kering bila di campur dengan bawang putih akan bermanfaat mengatasi gejala cacingan pada anak.

Menurut penelitian yang di lakukan Peneliti University of Florida, Nam Dang, dan koleganya di Jepang juga menemukan keampuhan tumbuhan pepaya yang mampu menangkal penyakit kanker. Termasuk kanker serviks, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker pankreas. Para peneliti itu menggunakan sejenis ekstrak yang terbuat dari daun pepaya yang dikeringkan. Efek anti kanker pepaya terbukti jauh lebih kuat ketika teh daun pepaya tersebut di minum dalam dosis yang semakin besar. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat buah pepaya juga terdapat pada bagian-bagian lain tumbuhan tersebut.

Berikut beberapa manfaat buah pepaya Serta Manfaat Bagian-Bagian Lain Tumbuhan Pepaya :

-           - Buah, daun, dan akar papaya dapat di manfaatkan untuk mencegah gangguan ginjal, sakit kandung kemih, tekanan darah tinggi, dan gangguan haid. 

-            - Biji buah pepaya bermanfaat mengobati cacing gelang, gangguan pencernaan, masuk angin, dan diare.

-            - Dalam buah pepaya terdapat papain, enzim spesial yang hanya terdapat pada pepaya, bersifat antitumor atau kanker. Enzim papain juga berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Kadar protein dalam buah pepaya memang tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buahnya, tetapi hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. Karena enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri.

-           - vitamin A buah pepaya lebih banyak daripada wortel, dan vitamin C pepaya lebih tinggi daripada jeruk, Kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E.

-           -  Pada Batang dan daun tumbuhan pepaya banyak terdapat getah putih yang mengandung lebih dari 50 asam amino yang menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal, dan menjaga gigi dari timbunan plak.

-            - Getah pepaya pada daun dapat dimanfaatkan untuk pengempukan daging dengan cara membungkus daging yang mentah dengan daun pepaya selama beberapa jam dalam suhu kamar.

Berikut adalah 5 contoh ramuan dari tumbuhan pepaya :


       1. Untuk obat luka bakar dan gatal pada kulit

Agar tidak terjadi infeksi, bersihkan dulu kulit sebelum diolesi, lalu oleskan getah dari buah pepaya yang masih muda pada kulit yang luka atau gatal.


        2. Untuk pengontrol tekanan darah

5 lembar daun papaya di rebus dengan 1/2 liter air hingga tinggal 3/4 - nya. Lalu dinginkan sebelum diminum. Kemudian tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis sebelum diminum.

        3. Untuk mengatasi nyeri haid

Ambil 1 lembar daun pepaya, asam, dan garam secukupnya. Lalu rebus hingga masak, kemudian di dinginkan dan diminum airnya dalam satu gelas.

        4. Untuk minuman penyegar badan

 Dua potong akar pepaya dan satu lembar daun pepaya ditumbuk halus, kemudian direbus dalam satu liter air sampai mendidih, terus di saring. Campurkan madu atau jahe agar rasanya menjadi lebih segar.

        5. Untuk mencegah risiko batu ginjal

3 potong akar papaya di rebus dalam 1 liter air sampai mendidih, lalu di saring. Setelah di dinginkan, campur dengan sedikit madu, kemudian di minum.

Demikianlah beberapa manfaat buah pepaya, buah pepaya yang mudah di pelihara dan tidak mengenal musim, memang jauh lebih murah harganya bila dibandingkan dengan buah lainnya. Meskipun harganya lebih murah, tapi manfaat buah pepaya ternyata sangatlah besar. Bahkan, setiap bagian dari tumbuhan pepaya, mulai dari biji, batang buah, daun, hingga getahnya pun, dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keluhan kesehatan.



 
Copyright 2010 Buahagia. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase