Pages

Saturday

manfaat buah sirsak, memperlambat proses penuaan?




Manfaat buah sirsak antara lain :
  • memperlambat proses penuaan
  • mampu mengobati asam urat
  • mencegah hipertensi
  • mencegah osteoporosis
  • meningkatkan daya tahan tubuh
  • menyembuhkan wasir
  • dan memperlancar pencernaan makanan
buah-sirsak
Buah sirsak juga merupakan sumber senyawa fitokimia yang belakangan ini sangat dirasakan manfaatnya bagi kesehatan. Sungguh, banyak sekali manfaat buah sirsak ini, untuk itu Kita perlu bersyukur karena buah sirsak tersedia banyak di negeri ini. Buah sirsak dapat tumbuh di sebagian besar negara tropis, termasuk di Indonesia, dan buah sirsak ini tumbuh baik di seluruh Indonesia.


Buah sirsak terdiri dari 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah, dan 4% inti buah. Mengandung mineral, mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga manfaat buah sirsak disini adalah untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Salah satu manfaat buah sirsak adalah mampu mencegah hipertensi, Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi inilah yang sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

 Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Buah sirsak mengandung sedikit lemak sehingga manfaat buah sirsak adalah sungguh sangat baik untuk kesehatan.

Selain kaya mineral dan zat gizi buah sirsak juga mengandung vitamin. Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari yaitu 60 mg, telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Tak heran jika manfaat buah sirsak adalah sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan mengingat kandungan vitamin C pada buah sirsak yang cukup tinggi.

buah-sirsak
Buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Manfaat buah sirsak di sini adalah memperlancar pencernaan terutama untuk pengobatan sembelit atau susah buang air besar.

Sari buah atau jus sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan selera makan.manfaat buah sirsak yang di buat jus  lainnya adalah untuk pengobatan pinggang, pegal dan nyeri.

Berbagai manfaat buah sirsak, jangan tunggu lagi ayo serbu buah sirsak!!.

Sumber : kompas.com, Gayahidupsehatonline.com
Gambar : poskota.co.id, dokterherbal.biz
 
Copyright 2010 Buahagia. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase