Pages

Thursday

Khasiat Buah Manggis Banyak Terdapat Pada Kulitnya





Khasiat buah manggis ternyata banyak terdapat pada kulitnya bukan pada buahnya. Dan manfaat buah  manggis ini telah dikenal oleh dunia internasional. Hal ini bisa terlihat dari jumlah ekspor manggis yang sudah melebihi target pada awal 2011. Mengetahui banyaknya khasiat yang terkandung dalam buah manggis ini, Malaysia dan Amerika berlomba-lomba mengimpor buah manggis dari Indonesia dan Thailand. Bukan buahnya yang mereka incar, melainkan kulit buah segar yang akan mereka produksi menjadi jus atau sirup xanthone. Selain amerika dan malaysia buah manggis juga diminati oleh Jepang, Korea, Taiwan, Cina, Hongkong, Singapura, Jerman, Arab Saudi serta Swiss.

Buah-Manggis
Di Thailand, kata Indah Yuliasih seorang peneliti dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fateta Institut Pertanian Bogor (IPB), antara petani dan produsen xanthone sudah terintegrasi dengan baik. "Konsumen buah manggis wajib mengembalikan kulit buah manggisnya kepada produsen jus atau sirup xanthone. Produsen sirup xanthone akan membayar kulit buah manggis tersebut. Sedangkan buahnya selain dijual dalam bentuk segar, juga dikemas sedemikian rupa sehingga buahnya bisa langsung dikonsumsi dengan bijinya".


Mengapa khasiat buah manggis atau manfaat buah manggis itu banyak terdapat pada kulitnya? Karena, pada kulit buah manggis terkandung senyawa yang bernama Xanthone. Indah Yuliasih menyatakan, xanthone pada kulit buah manggis mampu menunda proses penuaan. Untuk itu, jika kita mengonsumsi kulit buah manggis, maka kita akan menjadi tampak awet muda.

Xanthone Selain mampu menunda proses penuaan, juga mengandung antioksidan dan anti kanker, serta mampu melancarkan peredaran darah pada tubuh. "Senyawa bioaktifnya mengandung struktur cincin enam karbon dengan kerangka karbon rangkap, sehingga ikatan rangkapnya lebih banyak dibandingkan dengan vitamin C”.Lanjut Indah Yuliasih menjelaskan khasiat buah manggis lainnya.

Dan bila kulit buah manggis di kombinasikan dengan kulit buah sawo maka lain lagi khasiat buah manggis ini. Ekstrak dari kedua buah tersebut mampu menurunkan kadar gula darah. Seperti penemuan tiga orang mahasiswa D-3 Teknik Kimia Universitas Diponegoro (Undip) yang menemukan obat herbal diabetes mellitus dari kulit buah manggis dan kulit buah sawo.

Berikut Khasiat Buah Manggis Lainnya : 

Manisnya Buah Manggis
-         - Aroma buah manggis dalam rangkaian produk perawatan secara aromatik selain menciptakan mood jadi lebih senang, aromanya juga mampu menambah semangat dan gairah.
-          - Buah manggis mengandung polisakarida yang berfungsi sebagai antibakterial.
-          - Buah manggis memiliki zat anti jamur yang berfungsi mengatasi penyebab masalah pada kaki, seperti jamur atau bau tak sedap pada kaki.

Itulah khasiat buah manggis atau manfaat buah manggis yang tak hanya manis dan lezat buahnya untuk di konsumsi, tapi juga kaya akan manfaat.



 
Copyright 2010 Buahagia. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase