Pages

Monday

Manfaat Buah Mengkudu, Termasuk Daun Dan Bijinya





Menurut penelitian dari seorang ahli yang pertama kali meneliti manfaat buah mengkudu atau buah noni atau buah pace ini yaitu Dr Ralph Heinicke. Menemukan bahwa buah mengkudu ini memiliki kandungan proxeronine, yang di dalam tubuh manusia proxeronine ini di ubah menjadi xeronin yang akan merangsang protein aktif yang membuat tubuh berfungsi baik. Seperti meningkatkan kemampuan tubuh menggunakan nutrisi yang di konsumsi, membantu memperbesar pori-pori sel tubuh yang akan menjadikan nutrisi mudah terserap dengan baik oleh tubuh, dan juga meningkatkan efesiensi penerimaan sel.

Buah Mengkudu

Menurut philipus salah seorang penggiat mengkudu dan pemilik sari jus mengkudu morinda yang juga sebagai ketua umum aspembaya mengatakan, pertama kali ia mengetahui manfaat buah mengkudu ini dari temannya saat ia jatuh sakit pada tahun 1998, ia menderita gagal ginjal dan jantung koroner. Ia di sarankan mengkonsumsi buah mengkudu oleh temannya. setelah beberapa waktu mengkonsumsi buah mengkudu, akhirnya ia kembali sembuh. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin menjadikan tubuh philipus tidak mudah sakit.


Sedang menurut Prof Dr Sumali Wiryowidagdo, seorang ketua pusat studi obat bahan alam Fakultas MIPA Universitas Indonesia. Manfaat buah mengkudu bisa mematikan mikroba, mampu melancarkan buang air besar dan buang air kecil, bisa mengatasi radang dan alergi, meningkatkan daya tahan tubuh dan membunuh sel penyebab kanker.

 Agar Mendapatkan Manfaat Buah Mengkudu, Jangan Sembarangan Mengkonsumsinya
Buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan oleh tubuh, maka dengan minum jus mengkudu, tubuh akan terlindungi dari efek radikal bebas. Tapi menurut philipus cara mengkonsumsi buah mengkudu ternyata gampang-gampang susah. Bukan manfaat buah mengkudu yang di rasa bila tidak di olah dengan benar. Karena pada kulit buah mengkudu yang utama mengandung khasiat ternyata pada kulit tersebut juga terdapat jamur-jamur yang berbahaya bagi tubuh. Untuk itu dalam proses pembuatan jus mengkudu haruslah steril.


Untuk mendapatkan manfaat buah mengkudu, mengkudu biasanya di konsumsi dalam bentuk jus, karena jus ini di akui dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi, untuk meningkatkan energi dan menjaga kolesterol darah tetap normal. Di anjurkan minum jus mengkudu sebanyak 30 ml, 1 kali sehari sebelum makan


Selain buahnya yang mengandung manfaat, daun dan bijinya ternyata juga memiliki manfaat. Bahkan, minyak dari biji buah mengkudu ini pun memiliki khasiat. Daunnya dipercaya dapat meringankan iritasi kulit, bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. Konon, sejak dulu banyak orang yang menggunakan daun buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Sementara biji mengkudu yang kaya akan asam linoleat, asam lemak esensial, bermanfaat melembabkan kulit. Cara menggunakannya pun tidak dikonsumsi, melainkan di oleskan.


Manfaat buah mengkudu untuk perawatan tubuh ini bisa anda dapatkan dari buah mengkudu yang sudah dikemas dalam bentuk krim atau cairan pembersih, eksfoliator, toner, serum, pelembap, dan tabir surya. Dan ada juga yang diproduksi untuk spa body care yang terdiri dari sugar scrub, body butter, dan body souffle. Semua rangkaian perawatan kulit ini diperuntukkan bagi semua kalangan usia untuk membantu menahan peradangan mikro yang menjadi penyebab kerutan kulit, perubahan warna kulit, kulit kurang elastis, bayangan hitam pada kulit, dan kantong mata. Bahkan, ada yang dibuat khusus untuk penurun berat badan bagi wanita usia 40 tahun ke atas.


Ternyata buah mengkudu yang kurang disukai oleh kebanyakan orang karena aromanya yang tidak enak dan rasanya yang sedikit pahit, bisa menjadi andalan sebagai suplemen dan obat yang bisa menumpas beragam jenis penyakit, dan juga sangat baik untuk perawatan tubuh. oleh itu tidak ada alasan lagi untuk menolak buah ini.



Sumber : detik.com, kompas.com
Gambar : gojiberriesblog.com
 
Copyright 2010 Buahagia. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase