Pages

Wednesday

Manfaat Buah Alpukat





Sebelum membahas apa saja manfaat buah alpukat, perlu di ketahui dulu bahwa alpukat tidak bisa matang sampai akhirnya ia dipetik dari pohonnya. Saat di pohon, alpukat mengembangkan minyak yang akan membuatnya memiliki tekstur yang lembut dan bergizi. Buah alpukat harus mencapai kadar minyak minimal sehingga bisa matang secara benar di pohon, dan ini membutuhkan waktu yang sedikit lama.
Buah Alpukat

Cara yang terbaik untuk mematangkan buah ini adalah dengan menjaganya di ruangan yang bersuhu cukup hangat. Bungkus buah alpukat dengan handuk atau kain serbet, Semakin hangat, alpukat akan semakin cepat matang dan anda pun bisa segera merasakan manfaat buah alpukat ini.

Karena alpukat mempunyai tekstur yang lembut dan mempunyai rasa yang  tawar menjadikan buah ini bisa disajikan dalam berbagai olahan pencuci mulut, atau di makan secara langsung. Alpukat juga bisa menjadi menu tambahan yang bagus bersama telur rebus ketika sarapan.

Jika mengetahui apa saja manfaat buah alpukat ini, tentu akan banyak orang yang akan menyukai buah hijau ini. Selain kandungan vitamin C, A, dan mineral, Buah alpukat juga menjadi sumber lemak tak jenuh (kandungan lemak sebanyak 50-70 persen), yang akan membantu tubuh meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat. Lemak tak jenuh atau lemak esensial ini juga dibutuhkan tubuh untuk perkembangan sel membran. Bahkan tumbuh kembang anak akan lebih optimal dengan asupan lemak tak jenuh yang cukup.

Berikut manfaat buah alpukat lainnya :

-         - Alpukat mengandung beta sitosterol yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan. Namun alpukat juga mengandung kalori tinggi, yaitu sekitar 300 kalori dan 30 gram lemak. Karena itu konsumsi buah ini sebagai pengganti makanan yang tinggi lemak lainnya.

-         - Karena Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh maka buah ini dapat membantu melangsingkan perut. Para ilmuwan menduga manfaat buah alpukat ada dalam lemak tak jenuh ini yang membantu meningkatkan hormon penunda lapar yang disebut Leptin. Hormon ini bisa membuat otak kita akan berpikir bahwa tubuh kita sudah kenyang sehingga kita akan menunda untuk makan.


-         - buah alpukat Jika dikonsumsi secara rutin, akan membantu enzim terlepas dari kuman-kuman merugikan penyebab bau mulut.


-         - Buah alpukat juga membantu tubuh kita menyerap lebih banyak nutrisi yang akan larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E dan K.

-         - Studi lain juga menemukan manfaat buah alpukat lainnya yaitu buah ini juga mempunyai peranan yang penting dalam menghambatpertumbuhan sel-sel kanker prostat.


-         - Alpukat memiliki hampir 20 vitamin, mineral, fitonutrien termasuk potasium, vitamin B6 C dan E, folat dan serat yang di butuhkan oleh tubuh.

Memang banyak orang yang tak menyukai rasa dari buah alpukat ini bila di makan secara langsung. Tapi lain lagi kalau sudah di olah menjadi jus yang di padukan dengan nanas dan di beri sedikit gula, maka rasa yang berbeda pun akan tercipta. Dan terlebih lagi bila sudah tahu apa saja manfaat buah alpukat ini, jadi tak ragu lagi deh kita mengkonsumsi buah yang satu ini.
Baca Juga : Manfaat Buah Mengkudu Termasuk Daun Dan Bijinya



Dari Berbagai Sumber
Gambar :  avocado-guides.blogspot.com

 
Copyright 2010 Buahagia. Powered by Blogger
Blogger Templates created by DeluxeTemplates.net
Wordpress by Wpthemescreator
Blogger Showcase